Home Berita Penyampaian Visi dan Misi dalam Debat Terbuka Calon BEM dan DPM...

Penyampaian Visi dan Misi dalam Debat Terbuka Calon BEM dan DPM FH UB 2018

180
0
SHARE

ManifesT-Malang (3/12), Pada siang ini diadakan acara Debat Terbuka untuk para calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya tahun 2019. Dari keseluruhan calon DPM yang berjumlah 14 orang terbagi menjadi dua sesi debat untuk penyampaian visi misi. Sesi pertama pemaparan visi dan misi calon DPM FH UB 2018. Sistem dari debat terbuka yang dibagi menjadi dua sesi ini telah ditentukan oleh panitia dengan urutan sebagai berikut : (1) penyampaian visi misi selama 3 menit, (2) tanya jawab bersama dosen selama 2 menit dengan ketentuan satu pertanyaan untuk satu calon demi mencegah plagiasi jawaban antar calon, (3) setelah semua calon telah menyampaikan visi misi, dilakukan debat antar calon dengan ketentuan waktu 1 menit untuk setiap calon, (4) tanya jawab dengan 3 audiens, dan (5) penyampaian closing.

Setiap calon saling memberikan visi dan misi, isu yang diangkat seperti penambahan sarana dan prasarana yang meliputi pendirian Wi-Fi Corner dilantai 2 gedung B, tempat Fotokopi, serta perluasan lahan parkir untuk mahasiswa Fakultas Hukum, lalu juga ada dalam bidang advokasi mahasiswa seperti Advokasi Online Mahasiswa, lalu dibidang akademik seperti transparansi Beasiswa, dan dalam bidang kebijakan dan konstitusi terdapat inovasi pembentukan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang bertugas mengawasi DPM.

Lalu dari pihak calon Badan Eksekutif Mahasiswa, tahun ini memiliki perbedaan dari
tahun sebelumnya yakni hanya terdapat calon tunggal dan akan ditetapkan melalui sistem Aklamasi. Sistem aklamasi adalah pernyataan setuju secara lisan dari seluruh peserta rapat dan sebagainya terhadap suatu usul tanpa melalui pemungutan suara. Secara langsung Calon Presiden dan Wakil Presiden saat ini akan otomatis menjadi Presiden dan Wakil Presiden BEM.

Diharapkan dengan adanya debat terbuka ini, membuka opsi bagi calon pemilih, khususnya para pemilih agar lebih selektif dalam proses pemilihan yang akan diadakan pada tanggal 5 Desember 2018, terutama memberi pesan, bagi siapapun yang akan menjadi pengurus kedepannya dapat menjalankan visi dan misi sesuai yang dijanjikan dalam acara debat terbuka tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here