Home Berita Kerja Kata atau Kerja Nyata ?

Kerja Kata atau Kerja Nyata ?

294
1
SHARE

ManifesT- Malang (03/12), Siang ini menjadi siang bersejarah bagi Fakultas Hukum   Universitas Brawijaya (FH UB), siang ini menjadi momentum bagi para calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya untuk menyampaikan kecakapan retorika berkenaan dengan visi misi yang mereka bawakan. Calon Dewan Perwakilan Mahasiswa berjumlah 14 mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda, masing – masing calon membawa visi misi berbeda dari yang lain, sehingga perang pemikiran dan gagasan antar calon tidak terhindarkan lagi. Sedangkan calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa hanyalah calon tunggal. Debat yang terjadi siang ini cukup menarik sehingga membawa antusiasme besar bagi seluruh masyarakat yang berada di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Tidak hanya mahasiswa namun debat panas tersebut menarik perhatian para dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, bertindak sebagai panelis para calon kandidat DPM dan calon Presiden BEM adalah bapak Dr.Susianto,S.H.,M.Hum. ,yang aktif pula sebagai dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Terpantau sepanjang debat terbuka para calon kandidat Dewan Perwakilan Mahasiswa  dan calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa, situasi di lapangan cukup kondusif. Para pendukung masing – masing calon dapat mengendalikan sikap serta emosional mereka dengan baik, tidak terdengar sepanjang debat tadi adanya kata – kata yang menyerang secara personal para calon kandidat. Tapi nampaknya situasi kondusif tersebut hanya secara visual, di sisi lain perang pemikiran dan gagasan membuat suasana debat terbuka menjadi lebih hidup diantara para calon tersebut.

Bertindak selaku moderator perdebatan adalah Rifqi Izzatullah, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya angkatan 2015. Sepanjang perdebatan tadi, moderator terlihat sangat mampu membawa suasana warga Fakultas Hukum Universitas Brawijaya sehingga debat tersebut terlihat sangat hidup dan menarik. Sesekali moderator menurunkan tensi perdebatan yang kian memanas dengan menyelipkan candaan di tengah perdebatan. Menurutnya, antusiasme debat terbuka pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, para mahasiswa lebih aktif melontarkan pertanyaan kritisnya kepada para calon kandidat Dewan Perwakilan Mahasiswa dan calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Jawaban dari para kandidat tidak kalah menarik dari pertanyaan yang disampaikan, mereka menjawab dengan lugas dan berusaha meyakinkan para warga Fakultas Hukum Universitas Brawijaya untuk memilih mereka. Pertanyaan kritis juga disampaikan oleh Dr. Susianto,S.H.,M.Hum. selaku penilai kepada setiap calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), pertanyaan yang disampaikan mengenai substansi dari setiap calon yang menyampaikan visi dan misi.

Sesi debat dibagi menjadi dua, yaitu sesi pertama 7 calon kandidat Dewan Perwakilan Mahasiswa diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi setelahnya sesi kedua memberikan kesempatan 7 calon kandidat sisanya. Tensi debat meningkat saat debat sesi kedua, sesi kedua terasa lebih hidup dan menarik karena panitia mengakui bahwa ada kesalahan saat sesi debat pertama, hal tersebut berdampak pada antusiasme para warga Fakultas Hukum yang meningkat saat debat sesi kedua. Setelah sesi debat pertama dan kedua dilaksanakan maka masuklah sesi penyampaian visi dan misi dari calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa. Pada sesi penyampaian visi dan misi ini, situasi di lapangan tidak terlalu panas dikarenakan hanyalah calon tunggal yang maju menjadi calon. Calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa atas nama Sandy Abdillah dan Calon Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa atas nama Annisa Ainaya menyampaikan visi misinya dengan tegas dan lugas sehingga substansi yang ingin disampaikan tersampaikan dengan baik. Diharapkan setelah debat terbuka tadi dapat memberikan opsi pemilihan yang terbaik bagi para pemilih untuk memilih para calonnya pada tanggal 5 Desember 2018.(mih/icd)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here