Home Berita Kendala Tak Gagalkan Pemilwa

Kendala Tak Gagalkan Pemilwa

125
0
SHARE

ManifesT – Malang (05/12), Pada hari ini tepatnya pada pukul 11.00 WIB berlangsung Pemilihan Mahasiswa Wilayah (Pemilwa) yang dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH-UB). Hari ini merupakan puncak dari pesta demokrasi yang dirayakan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Wilayah (Pemilwa) tahun ini dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) Fakultas Hukum. Dalam pelaksanaanya tahun ini merupakan tahun ketiga Pemilwa dilakukan secara online atau yang sering di sebut e-vote, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan tahun ini merupakan tahun  pertama pemilihan secara serentak antara Pemilihan Mahasiswa Wilayah (Pemilwa) dengan Pemilihan Mahasiswa Raya (Pemira).

Hal tersebut menyebabkan banyak tantangan yang harus di hadapi dan diselesaikan oleh Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM). Saat diwawancarai di lobby gedung B Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Menurut ketua pelaksana yang bernama Shella, mengakui bahwa banyak terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Ketua Pelaksana Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) itu menjelaskan terdapat keterlambatan dalam pelaksanaan pemilihan serentak hari ini, yang semula dijadwalkan dibuka pada pukul 06.00 WIB menjadi pukul 07.45 WIB dikarenakan sempat terjadi hambatan server. Kemudian kendala lainnya yaitu tidak tersedianya tampilan proyektor untuk menampilkan hasil suara sementara saat pemilihan dilaksanakan, sehinga panitia memutuskan untuk menampilkan hasil suara mengunakan LED TV.

Menurut hasil pengamatan kami pada pukul 15.30 WIB terjadi antrian panjang yang terjadi dijalur masuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta penumpukan pemilih saat ingin mengisi daftar presensi,  Selain itu ketidakteraturan mobilitas peserta terlihat pada saat peserta ingin mengambil kembali bawaan mereka yang diletakkan pada pintu masuk TPS, peserta terlihat kebingungan saat ingin keluar dari area TPS, sebagian dari mahasiswa melewati jalur yang salah yaitu melewati pintu masuk. Dalam pelaksanaan pemilihan serentak Pemilwa tahun ini, Shella selaku ketua pelaksana berharap agar pemilihan selanjutnya dapat lebih kondusif lagi dalam proses Pemilihan Mahasiswa Wilayah (Pemilwa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here