Home Advetorial SEWA MENYEWA KEBUTUHAN MAHASISWA

SEWA MENYEWA KEBUTUHAN MAHASISWA

80
0
SHARE

(Dengan Lookup, Contentku Mantap)

Oleh : Danang Yudha O.

 

ManifesT – Malang (3/2) Aristoteles mendefinisikan manusia sebagai Zoon Politicon yang artinya adalah “mahluk sosial”. Sebagai mahluk sosial, tentu saja manusia tidak dapat hidup tunggal atau tidak membutuhkan manusia yang lain dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Hal inilah yang menjadi tuntutan bagi manusia untuk saling bertemu antara yang satu dengan yang lain karena saling memenuhi kebutuhan. Perbuatan manusia dalam rangka saling memenuhi kebutuhan tentunya diharapkan membawa hasil yang bersifat mutualisme atau dengan kata lain yaitu “saling menguntungkan”.

Mengingat adagium dari tokoh filsuf ternama yaitu Marcus Tullius Cicero (106 – 43 SM) yang menyatakan bahwa “ubi societas ibi ius”, yang artinya “dimana ada masyarakat disitu ada hukum”, maka perlu adanya pengaturan tentang perbuatan–perbuatan manusia dalam rangka saling memenuhi kebutuhan. Alhasil segala bentuk perbuatan manusia itu diatur dalam suatu perjanjian yang mengikat para pihak dengan maksud dan tujuan tertentu. Menurut Burgerlijk Wetboek (BW) atau yang dikenal sebagai Kitab Undang–Undang Hukum Perdata yang dijelaskan pada pasal 1320 tentang syarat–syarat sah adanya suatu perjanjian yaitu Pertama, adanya kesepakatan dari para pihak. Kedua, masing-masing pihak dianggap telah dewasa dan tidak dibawah pengampuan orang lain (cakap). Ketiga, berisikan objek tertentu dan yang terakhir adalah berklausa halal. Apabila syarat pertama dan kedua tidak terpenuhi maka akibatnya adalah tidak dianggap atau dianggap tidak terjadi adanya perjanjian oleh hukum. Apabila syarat ketiga dan syarat keempat tidak terpenuhi maka akibatnya adalah batal demi hukum.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata memuat macam-macam perjanjian, salah satunya adalah perjanjian sewa-menyewa. Menurut pasal 1548 BW “Perjanjian sewa-menyewa adalah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak yang lainnya kenikmatan dari suatu barang, selama waktu tertentu dan dengan pembayaran suatu harga yang oleh pihak tersebut belakangan telah disanggupi pembayarannya”. Menurut Yahya Harahap, sewa-menyewa adalah persetujuan antara pihak yang menyewakan dengan pihak penyewa yang mana pihak pemberi sewa menyerahkan barang yang hendak disewa kepada pihak penyewa untuk dinikmati sepenuhnya.

Keunggulan dari suatu perjanjian sewa-menyewa dibandingkan dengan perjanjian jual-beli adalah tidak adanya peralihan hak milik barang dari pihak pemberi sewa kepada pihak penyewa. Yang beralih hanyalah hak penguasaan atau kenikmatan dari barang yang disewakan dengan jangka waktu tertentu. Apabila barang yang disewakan telah melebihi batas sewa berdasarkan isi perjanjian, maka pihak pemberi sewa berhak untuk mengenakan denda kepada pihak penyewa sepanjang dimuat dan diatur dalam perjanjian.

Berbicara tentang sewa-menyewa, @lookupmalang merupakan badan usaha persewaaan (Rental) yang menyediakan berbagai macam alat fotografi maupun videografi berupa  kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), Mirrorless, Action Cam, Drone dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, @lookupmalang juga menyediakan alat berupa kelengkapan kamera seperti Lensa, Tripod, LED Portable, Flash, baterai, Stabilizer dan masih banyak lagi.

Penyedia jasa kamera @lookupmalang dirintis oleh Taris Annafi Arafat (21 tahun) yang merupakan warga asli Kota Malang dan juga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB). Rental kamera ini bisa ditemukan di toko Arifah tepatnya pada Jalan Cucak Rawun 9H/01, Kecamatan Sawojajar, Kabupaten Malang.

Syarat untuk mendapatkan mendapatkan alat sewa dari @lookupmalang terbilang cukup sederhana. Hanya dengan meninggalkan dua tanda identitas asli (resmi) dan masih berstatus aktif. Jenis tanda identitas yang dapat ditinggal adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Buku Pemiliki Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu penerima bantuan Badan Jaminan Penyelenggaraan Sosial (BPJS), Passport, Kartu Tanda Mahasiswa Aktif (KTM), dan Kartu Pelajar Aktif. Identitas yang ditinggal kepada pemberi sewa harus asli dan masih berlaku (tidak termasuk fotokopi). Terkhusus bagi para pelajar yang dibawah umur atau belum mempunyai KTP wajib menyerahkan identitas asli dan berstatus aktif milik orang tua berupa KTP atau KK. Apabila hendak menyewa lebih dari tiga hari maka wajib menyerahkan tiga tanda identitas wajib berstatus aktif.

Keunggulan rental kamera @lookupmalang dengan rental kamera lainnya terdapat pada metode sewanya. @lookupmalang menerapkan dua metode sewa yaitu Cash On Delivery (CoD) dan Sewa di tempat. Tidak banyaknya rental kamera yang mau melakukan persewaan dengan metode CoD merupakan poin plus untuk @lookupmalang yang melakukan metode ini. Dengan adanya CoD akan memudahkan si penyewa dengan pemberi sewa untuk bertemu sesuai tempat yang dijanjikan. Terlebih lagi, khusus untuk mahasiswa (FH UB) diberi kemudahan akses untuk melakukan CoD, “bagi mahasiswa FH UB bisa CoD di kampus” Ujar Taris. Untuk kenyamanan penyewa, @lookupmalang selalu melakukan tes uji coba barang sewa sebelum disewakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara pemakaian barang dan mengantisipasi apabila barang yang disewakan terdapat kecacatan.

Dari segi harga, @lookupmalang men-setting harga yang cukup bersahabat, terutama teruntuk mahasiswa yang low budget namun memiliki high prestige untuk menata feed di akun instagram. Sebagai contoh, kamera Sony A 5000 hanya disewakan 130.000 rupiah per hari. Action Cam Go Pro Hero 4 hanya disewakan 85.000 rupiah per hari dan LED Portable yang disewakan 25.000 rupiah per hari. Untuk mengetahui harga lebih lanjut, silahkan kunjungi www.instagram.com/lookupmalang/

Mengingat bahwa Kota Malang merupakan kota iconic dan dekat dengan tempat wisata. @lookupmalang bisa menjadi solusi untuk menjadi teman liburan bersama teman maupun keluarga. Tidak hanya itu, khusus kepada content creator wilayah Malang yang memilki sedikit perlengkapan (gear) yang hendak melakukan aktivitas fotografi dan videografi @lookupmalang bisa menjadi sarana problemsolving untuk berkarya.

“tidak semua rental kamera itu mau cod lo yaa, fitur cod hanya untuk rental – rental tertentu, jadi manfaatkanlah,” – Taris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here