Home Tokoh Cerita tentang Colin Kaepernick: Bangkit Melawan Penindasan

Cerita tentang Colin Kaepernick: Bangkit Melawan Penindasan

55
0
SHARE

Oleh : Jeremy Joel

I’m going to continue to stand with the people that are being oppressed”- Colin Rand Kaepernick

 

Colin Rand Kaepernick menjadi simbol perlawanan rakyat Amerika modern. Dia berjuang dengan berlutut dan tanpa kekerasan. Namanya menjadi harum dan dicintai karena dengan segala kontroversinya berhasil membuat dunia olahraga bersatu dibawah lambang anti penindasan. #IAMWITHKAP menjadi trending topic bukan karena kebetulan tetapi karena tekad seorang kulit hitam yang berani berdiri diatas penindasan.

Perjuangan Colin bermula pada tanggal 26 Agustus 2016, dengan ia tidak berdiri ketika lagu kebangsaan Amerika Serikat, yaitu “The Star Spangled Banner” diperdengarkan pada pertandingan pra- musim tim american football dimana ia bermain yaitu San Francisco 49ers akan bertanding. Alasan Colin melakukan hal tersebut adalah ia memprotes ketidakadilan yang terjadi di Amerika dan persekusi yang terjadi di Amerika terhadap kelompok kulit hitam dan berwarna serta diskriminasi rasial. Hal lain yang melatarbelakangi tindakan Colin adalah maraknya penembakan terhadap ras kulit hitam di Amerika.  Kemudian ia melakukan hal serupa pada 1 September 2016, tetapi dengan berlutut untuk menghormati para tentara veteran. Kemudian, sebagai aksi konkret dari perjuangannya, ia mendonasikan $1 Juta untuk para pegiat kemanusiaan di Amerika.

Perjuangannya kemudian mendapat respons postif dari rekan sekerja dan sesama pemain american football di NFL (National Football League). Pada 11 September 2016, bertepatan dengan hari memperingati “Serangan 9/11”, banyak pemain NFL ikut berlutut sebagai simbol protes atas diskriminasi rasial dan warna kulit di Amerika. Kemudian majalah TIME menjadikan Colin sebagai cover majalah karena keberanian dan protesnya kepada pemerintah Amerika. Pencapaian ini sendiri merupakan suatu kemajuan karena aksinya kemudian mendapat apresiasi dari pers Amerika dan masyarakat. Padahal, karena aksinya ini Colin sering dianggap tidak patriotis dan aksinya banyak menimbulkan kontroversi di mata publik.

Kemudian, setelah semua kejadian tersebut, ia tidak mempunyai tim karena pada masa free agency hingga sekarang tidak ada tim yang mau mengontrak dirinya. Padahal, Colin sendiri merupakan salah satu pemain dengan posisi Quarterback yang diperhitungkan sebelum kasus ini menjadi kontroversi. Alasan dibalik tidak adanya tim yang ingin mengontrak Colin disinyalir karena protes yang dilancarkannya. Puncak dari masalah ini adalah ketika pada 22 September 2017, Presiden Trump berkata di depan publik dengan berapi-api bahwa “when somebody disrespects our flag, get that son of b*** off the field right now”. Pada masa ini, mulailah simpati dan empati seperti ditunjukkan para pemain tim basket NBA, Golden State Warriors mulai berdatangan. Pernyataan Presiden Trump bahkan juga memantik reaksi dari para pemain NFL. Sebagai contoh hasil dari perjuangannya adalah ketika ia menjadi brand ambassador Nike dengan slogan “Believe in something. If it means sacrificing everything”. Sebuah tagline yang mengajarkan bahwa apapun yang kita lakukan jika itu benar, maka kita harus siap berkorban untuk kebenaran. Hal yang spesial dikarenakan promosi ini bertepatan dengan ulang tahun ke- 30 dari merek olahraga asal Amerika tersebut. Kini, ia adalah wajah dari perusahaan apparel olahraga terbesar di Amerika tersebut dan apresiasi publik terlihat dari meningkatnya keuntungan sebesar $6 juta atau setara dengan 31% semenjak kampanye tersebut diluncurkan.

Pada saat final NFL (Super Bowl LII) berlangsung, terjadi pemboikotan yang melibatkan para pekerja seni khususnya para penyanyi dan penampil agar tidak tampil pada acara “Halftime Show Super Bowl LII” untuk menyatakan dukungannya terhadap Colin. Hasil dari boikot itu adalah tagar #IAMWITHKAP yang menjadi trending topic  di seluruh dunia. Hal itu menjadi penanda bahwa kini ia dilihat oleh seluruh dunia menjadi kaum pembela kaum kulit hitam dan penentang perilaku rasisme.

#IAMWITHKAP.

Sumber:

http://time.com/5390884/nike-sales-go-up-kaepernick-ad/

http://time.com/5519606/colin-kaepernick-super-bowl-boycott/

https://abc7news.com/sports/timeline-of-kaepernicks-push-for-social-justice/4147237/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here