Home Tokoh Semoga Lekas Sembuh Ibu Ani Yudhoyono

Semoga Lekas Sembuh Ibu Ani Yudhoyono

69
0
SHARE

Oleh : Mutiara Cahyaningtyas

Wanita kelahiran Yogyakarta tahun 1952 ini adalah sosok wanita yang patut kita banggakan, beliau adalah ibu negara ke-6 Republik Indonesia, istri dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selama masa jabatan bapak SBY sebagai presiden, seringkali bahkan selalu dapat kita lihat ada sosok Ibu Ani di sampingnya. Kesibukan suaminya pada masa itu tak membuatnya lelah atau mengeluh. Jabatan presiden yang diamanahkan kepada suaminya menyebabkan dirinya juga dipanggil sebagai ibu negara.

Meski kini Ibu Ani Yudhoyono tak lagi menyandang status sebagai ibu negara, beliau tetap masih melakukan beberapa kegiatan sosial untuk para perempuan Indonesia. Keinginannya untuk memajukan kesejahteraan perempuan Indonesia dijalankan melalui beberapa kegiatan sosial, salah satunya adalah Program Perempuan Sehat dan sejahtera (PERKASSA). Program yang dijalankan bersama dengan Gerakan Perempuan Indonesia ini bergerak pada bidang pemberian modal bagi para perempuan yang menjalankan usaha mikro. Perluasan akses permodalan diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha yang dijalankan para perempuan Indonesia agar perempuan Indonesia senantiasa selalu mendapatkan kesejahteraan dalam hidupnya. Atas kegiatannya inilah, Ibu Ani Yudhoyono mendapat penganugerahan Pin Emas dari M.Yunus selaku pemegang Nobel Perdamaian 2006 dan pendiri Grameen Bank.

Kecintaannya dengan buku serta kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia, juga mengantarkan beliau untuk melakukan kegiatan sosial yang berkaitan dengan buku. Pengadaan Rumah Pintar menjadi alternatif pilihannya untuk sarana meningkatkan kecintaan baca khususnya bagi anak-anak Indonesia. Rumah Pintar ini diadakan secara gratis bagi anak-anak untuk meluapkan hobi membacanya. Tanpa harus membeli buku anak-anak yang tidak mampu di seluruh Indonesia dapat membaca buku yang beraneka ragam. Rumah Pintar ini tersebar di beberapa provinsi di Indonesia dengan harapan dapat membantu mereka yang ada di wilayah Indonesia, khususnya wilayah yang tingkat akses pendidikannya kurang layak. Rumah Pintar ini memiliki bentuk seperti motor pintar, mobil pintar, dan kapal pintar yang tujuannya menjangkau wilayah-wilayah pelosok di Indonesia.

Selain melakukan beberapa kegiatan sosial, nampaknya Ibu Ani juga memiliki hobi menulis yang terlihat dari karya buku yang telah beliau buat dengan judul “Ani Yudhoyono : 10 Tahun Perjalanan Hati”. Buku ini berisikan pengalamannya selama 10 tahun menjadi ibu negara Republik Indonesia. Tak lupa beliau menyisipkan saran bagaimana untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia. Usaha dan perjuangannya ini telah membuahkan sebuah hasil, pada tahun 2013 ibu Ani memperoleh penghargaan Women Empowerment in Education dari UNESCO, karena dinilai telah meningkatkan kemampuan membaca dan pendidikan bagi perempuan, keluarga, dan masyarakat. Keinginan Ibu Ani dalam meningkatkan taraf hidup perempuan Indonesia juga beliau ajarkan melalui keterampilan kewirausahaan.

Kini status ibu negara sudah tak lagi ditangannya, namun kebahagiaan tetap muncul pada diri Ibu Ani Yudhoyono. Kehidupannya kini dipenuhi dengan aktivitas bersama keluarga tercintanya, seperti bermain dengan cucu, berbincang dengan anak serta menantu, dan yang pasti beliau sangat menikmati perannya sebagai ibu, istri, dan juga nenek tanpa embel-embel sebagai ibu negara. Namun, kini karena rasa sayang tuhan kepada umatnya, Ibu Ani sedang mendapatkan cobaan dari sang penguasa. Kini beliau divonis mengidap penyakit kanker darah yang baginya vonis ini diibaratkan sebagai palu godam yang tiba-tiba saja menghampiri dirinya. Sangat aneh baginya jika beliau divonis mengidap kanker darah, karena dalam silsilah keluarganya tidak ada satupun yang pernah mengidap penyakit kanker.

Tak mudah memang bagi Ibu Ani untuk menerima kenyataan ini, pada awalnya beliau memang sangat terpukul dan terkejut bagaimana beliau bisa menerima cobaan penyakit yang cukup serius ini. Kini setelah melalui pergolakan batin, Ibu Ani dengan tegar menerima apa cobaan yang sedang tuhan berikan padanya. Beliau meyakini apa yang diberikan tuhan padanya pasti adalah pemberian yang terbaik untuknya. Hingga saat ini, Ibu Ani Yudhoyono masih dirawat secara intensif di rumah sakit di Singapura. Dengan dukungan dari keluarga serta rekan-rekannya kini beliau semakin semangat dan tegar dalam menghadapi cobaan ini. Semoga lekas sembuh Ibu Ani Yudhoyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here