Home Berita HASIL PENGHITUNGAN SUARA PEMIRA MASIH SEMENTARA

HASIL PENGHITUNGAN SUARA PEMIRA MASIH SEMENTARA

268
0
SHARE

ManifesT-Malang, Rabu malam (20/11) telah diadakan hasil penghitungan suara Pemilihan Mahasiswa Raya (Pemira) dan Pemilihan Mahasiswa Wilayah (Pemilwa) di lingkungan kampus Universitas Brawijaya (UB). Acara yang bertempat di Gedung Widyaloka yang diadakan Panitia Pelaksana (Panpel) Pemira UB 2019 serta ini dihadiri oleh pihak rektorat UB, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan beberapa fakultas, dan para calon sekaligus manajer peserta Pemira dan Pemilwa. Acara ini dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan oleh beberapa sambutan. Sambutan yang pertama dari bapak Prasetyo Adi selaku dosen pembina Pemira dan Pemilwa. Kesempatan untuk mengisi sambutan kedua diberikan kepada perwakilan Wakil Rektor III. Setelah itu, sambutan dilanjutkan oleh Ketua Umum Pelaksana Tugas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Faiz Arsyad. Sambutan terkahir diberikan oleh Ketua Pelaksana Pemira 2019, Araffathoni Rizqi. Banyaknya sambutan yang diberikan oleh masing-masing undangan ini memiliki inti bahasan yang sama, yakni pesan kepada para calon yang menunggu detik-detik pengumuman hasil pemungutan suara ini. Mereka harus terus menghormati dan menghargai apapun hasil yang nanti akan keluar dan kandidat yang belum terpilih hendaknya legowo.

Hasil penghitungan suara dimulai dari pengumuman hasil DPM fakultas yang terdiri dari empat belas fakultas dan satu kampus cabang, yaitu kampus UB Kediri. Dari hasil perhitungan, khususnya di Fakultas Hukum (FH), dari sembilan belas calon anggota DPM akan terpilih tiga belas orang yang nantinya akan menghuni sekretariat DPM di Gedung D FH UB. Setelah itu pengumuman perhitungan hasil suara dari Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas. Namun, kontestasi politik ini nampaknya tidak merata dalam hal antusiasme mahasiswanya.  Tercatat di beberapa fakultas hanya memiliki satu pasangan calon.

Hasil dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden BEM FH yaitu nomor urut 1, Aldo Yonatan Octavian-Afra Putri Zainifa, mendapatkan 388 suara dengan prosentase 29,92%. Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, Muhammad Rafi Faried Karim-Mikail Akbar Surya, memperoleh 842 suara dengan prosentase 64,92%. Jumlah abstain tercatat hanya67 suara dengan prosentase 5,17% yang menggambarkan bahwa tingkat antusiasme mahasiswa FH dalam memberikan suaranya mulai membaik.

Selain hasil penghitungan suara Presiden dan Wakil Presiden BEM serta DPM fakultas, juga diumumkan hasil pemilihan pemungutan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Eksekutif Mahasiswa (EM) dan DPM UB. Hasil dari pemungutan suara Presiden dan Wakil Presiden EM ialah pasangan calon nomor urut 1, Muhammad Ariz Pratama dan Alfa Fadhilah, memperoleh 7.161 suara dengan prosentase 37,90%. Sedangkan hasil perolehan suara pasangan calon nomor urut 2, Muhammad Farhan Aziz dan Irma Istiqamah, memperoleh 9.886 suara dengan prosentase 53,32%. Junmlah suara yang memilih abstainsebanyak 1.849 suara dengan prosentase 9.79%. Terkait hasil pemungutan suara bagi DPM UB, dari lima belas calon kandidat DPM UB diloloskan tiga belas orang DPM UB sehingga ada dua kandidat yang tidak lolos dalam pemilihan kali ini.

Meskipun seperti itu, suara dari pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden EM serta DPM UB ini masihlah merupakan hasil sementara. Hal ini dikarenakan masih ada posko pengaduan yang dibuka di tanggal 20-21 November 2019 yang  membuka kemungkinan adanya pengurangan suara calon apabila terbukti melakukan pelanggaran selama pelaksanaan Pemira. Akibatnya, penetapan pemenang bagi Presiden dan Wakil Presiden EM serta kelolosan dari ketiga belas anggota DPM UB akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2019 mendatang.  (ivn/rfl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here