Home Berita Alternatif Penyembuhan Covid! PMI Kota Bekasi Buka Donor Plasma Konvalesen

Alternatif Penyembuhan Covid! PMI Kota Bekasi Buka Donor Plasma Konvalesen

102
0
SHARE

ManifesT, Bekasi, ( Kamis, 18/02/21 ) ─ Untuk menangani Covid-19, PMI Kota Bekasi membuka donor plasma konvalesen. Program ini dimulai sejak hari Kamis, 11 Februari 2021. Donor plasma konvalesen bertujuan untuk mempercepat pemulihan pasien Covid-19. Langkah ini dilakukan berdasarkan pemahaman bahwa seseorang yang pernah terinfeksi dan sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya, oleh karena itu donor plasma ini membantu pembentukan antibodi.

Tidak semua orang dapat mendonorkan plasma darahnya untuk penyembuhan pasien Covid-19. Ada syarat – syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pendonor plasma konvalesen. Menurut Dr. Amri dari Unit Transfusi Darah PMI Kota Bekasi, pendonor minimal berusia 18 tahun, untuk pendonor wanita harus belum pernah hamil, dan memiliki antibodi yang tinggi. Bila antibodi kurang tinggi, dilakukan pengambilan sampel terlebih dahulu.

Muncul pertanyaan, bagaimana jika pendonor kembali terjangkit covid, apakah plasma darah tersebut masih terjamin keefektifannya? “Sebenarnya keefektifan untuk memulihkan yang terkena covid-19 ini belum ada studi ilmiahnya. Namun dikarenakan saat ini dalam keadaan urgensi, maka donor plasma ini patut di coba. Selama penerapannya sendiri, saat pasien covid-19 terutama yang memiliki gejala sedang diberikan donor plasma ini membantu pasien cepat untuk pulih,” kata Dr. Amri.

Plasma konvalesen menjadi salah satu solusi ampuh bagi pasien Covid-19. Dilansir dari JawaPos.com ( 20/01/21 ), hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Ketua Tim Peneliti plasma konvalesen, Dr. Putu Moda Arsana SpPD K-EMD FINASIM dari RSSA Malang, Jawa Timur. Penelitian dilakukan kepada 48 pasien positif Covid-19 yang diberi donor plasma konvalesen. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan sembuh bagi pasien bergejala berat mencapai 90%. Sedangkan tingkat keberhasilan sembuh bagi pasien kritis mencapai 50%.

Program donor plasma konvalesen ini diharapkan mampu mendatangkan antusias yang tinggi terutama dari warga Bekasi dan dapat membantu mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 ini. Saat ini PMI Bekasi baru memiliki satu mesin pengambilan plasma konvalesen dan berharap kedepannya kontrobusi dari warga bekasi akan meningkat sehingga mesin yang dimiliki juga akan bertambah. Program ini bersifat jangka panjang sehingga berjalan seterusnya selama pandemi berlangsung. (arm/wna/sfa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here