Home Berita UTBK 2021 Sebulan Lagi, Apa Bedanya dengan UTBK 2020?

UTBK 2021 Sebulan Lagi, Apa Bedanya dengan UTBK 2020?

68
0
SHARE

ManifesT, Bandung, (Kamis, 18 Maret 2021)- Pada bulan April 2021 mendatang pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 akan segera dimulai. UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Ada beberapa hal yang membedakan UTBK 2021 dengan 2020, yang pertama mengenai materi yang diujikan yaitu pada UTBK 2021 materi yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek/Soshum sedangkan pada UTBK 2020 materi yang diujikan hanyalah TPS saja. Yang kedua, durasi dalam pelaksanaan UTBK 2021 berjalan selama 180 menit untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum sedangkan untuk kelompok ujian campuran menjadi 225 menit. Hal ini berbeda dengan UTBK 2020 yang berdurasi 105 menit karena materi yang diujikan hanyalah TPS.

Salah satu ketentuan UTBK yaitu memperbolehkan siswa yang lulus pada 2 tahun sebelumnya untuk ikut ujian kembali. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi siswa yang tidak lulus pada ujian sebelumnya atau siswa yang ingin mengulang ujian untuk diterima di PTN dan jurusan favoritnya. Seperti halnya yang dialami oleh Sugara Rian Permana, seorang siswa lulusan tahun 2020 dari SMAN 1 Ciparay, Kabupaten Bandung. Ia mengatakan bahwa alasannya untuk mengikuti kembali UTBK 2021 karena ingin diterima di jurusan yang lebih diminati olehnya dibandingkan dengan jurusan yang sedang ia jalani sekarang. Sugara juga mengatakan bahwa ia lebih siap untuk menghadapi UTBK 2021 mengingat sebelumnya ia sudah memiliki pengalaman dalam mengikuti ujian ini. Namun perlu diingat, bahwa persiapan itu penting. Jangan sampai meremehkan UTBK karena jawaban yang kita anggap benar itu belum tentu benar.

Sugara juga membagikan beberapa tips sesuai pengalamannya bagi siswa yang akan mengikuti UTBK untuk pertama kalinya. Pertama-tama penting bagi peserta ujian untuk memiliki pemikiran bahwa semuanya sudah diatur oleh Tuhan YME. Yang kedua optimis, yakin bahwa kita mampu untuk menghadapi ujian tersebut. Lalu yang ketiga perbanyak latihan soal-soal UTBK dan mencatat skor yang diperoleh setiap mengikuti tryout. Yang keempat, targetkan skor tertentu setiap mengikuti tryout untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kita. Terakhir, jangan lupa untuk meminta doa restu kepada orang tua dan meningkatkan ibadah kepada Tuhan YME. Selain beberapa tips di atas, ada juga hal yang dapat menjadi motivasi bagi peserta UTBK yang akan mengikuti UTBK untuk kedua kalinya sebagaimana yang dikatakan oleh Sugara, “Aku sendiri karena sudah ikut UTBK sebelumnya, aku lebih santai dan tidak tegang. Aku juga yakin bahwa aku pantas untuk diterima di PTN favoritku.”(arm/krn/mwr/wna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here