Home Berita PKKMB Universitas Brawijaya Tahun 2023 Diikuti 15.488 Mahasiswa, Simak Keseruannya

PKKMB Universitas Brawijaya Tahun 2023 Diikuti 15.488 Mahasiswa, Simak Keseruannya

227
0
SHARE
Mahasiswa Baru Raja Brawijaya 2023 Cluster 1-18 (Foto: Endrianto Bayu Setiawan)

Malang, ManifesT – Pada Senin (14/08/2023) Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dikemas dalam Rangkaian Acara Jelajah Almamater (RAJA) Brawijaya. Kegiatan RAJA Brawijaya tersebut diselenggarakan secara luring yang bertempat di Kampus Utama, Jalan Veteran, Kota Malang. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara hybrid, tahun ini RAJA Brawijaya diselenggarakan secara full offline.

Menurut jadwal, rangkaian pertama RAJA Brawijaya diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023. Pada hari pertama tanggal 14 Agustus diadakan Upacara Penyambutan yang diikuti 15.488 mahasiswa dari jenjang Diploma dan Sarjana yang terbagi dalam 65 klaster. Dari 15.488 mahasiswa tersebut terdiri atas 6095 mahasiswa putra dan 9392 mahasiswa putri.

RAJA Brawijaya tahun ini mengangkat tema “Gala Brawijaya, Prestasi Nyata Untuk Indonesia”. Menurut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UB, Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H., dari tema tersebut ia berharap kedepannya para mahasiswa baru dapat berpartisipasi dalam berbagai kompetisi perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ia juga mengatakan giat RAJA Brawijaya tahun ini diselenggarakan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, kepedulian lingkungan, membangun karakter individu, hingga mengenalkan sistem akademik dan program merdeka belajar.

“(Penyelenggaraan) RAJA BRawijaya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, bela negara, kepedulian terhadap lingkungan masyarakat; memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas; memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa; mewujudkan kampus sehat, ramah, dan aman; membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai insan pembentuk membentuk intelektual, sikap berpikir, anti kekerasan, anti perundungan, berbudaya, bermanfaat, dan inspiratif; serta memperkenalkan mahasiswa dengan kiat belajar dalam program belajar di kampus Merdeka,” ujar Wakil Rektor III saat memberikan sambutan pada Upacara Penyambutan RAJA Brawijaya.

Dilanjutkan dengan pidato sambutan yang disampaikan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D. Med.Sc., ia berpesan kepada mahasiswa baru supaya selama belajar di Universitas Brawijaya terus belajar untuk meningkatkan ilmu dan kompetensi yang diminati masing-masing mahasiswa, karena keberhasilan kuliah tidak hanya dinilai dari nilai IPK saja (red. indeks prestasi kumulatif).

“(Ketika belajar di UB) tidak hanya kuliah di kelas (saja) tetapi juga manfaatkan waktu untuk meningkatkan kompetensi (individu). Karena keberhasilan kalian tidak hanya dilihat dari IPK, tetapi dilihat seberapa ilmu yang dikuasai dan seberapa kuat karakter serta kompetensi yang saudara miliki. Untuk itu selain saudara wajib mengikuti perkuliahan praktikum akademik, saudara juga harus mengikuti kegiatan kemahasiswaan baik bakat minat penalaran dan seterusnya,” pungkas Rektor UB.

Pasca rangkaian Upacara Penyambutan berakhir, dilanjutkan dengan mobilisasi mahasiswa baru ke venue-venue yang sudah disiapkan. Banyaknya mahasiswa baru yang mengikuti RAJA Brawijaya membuat venue acara tidak hanya berada di satu tempat. Pihak Panitia telah menyiapkan 7 titik lokasi dengan 11 venue yang menjadi lokasi acara, diantaranya: Samantha Krida, GOR Pertamina, UB Sport Center, GOR Fakultas Ilmu Administrasi, Graha Medika Fakultas Kedokteran, Auditorium Algoritma Fakultas Ilmu Komputer, dan Ballroom Fakultas Hukum.

Selain Upacara Penyambutan, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kedatangan tokoh-tokoh nasional yang menjadi pembicara. Beberapa diantaranya seperti Jend. TNI (Purn) Andika Perkasa selaku mantan Panglima TNI, Kombes Pol Iwan Ristiyanto selaku Kasatgaswil Jatim Densus 88, serta Bahlil Lahadalia selaku Menteri Investasi/Kepala BKPM RI.

Rencananya besok pada 15 Agustus 2023 masih akan dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan seputar akademik yang berlaku di Universitas Brawijaya, dan esoknya pada 16 Agustus akan dilanjutkan dengan kegiatan orientasi mahasiswa.

Sebagaimana yang disampaikan Wakil Rektor III, pada 26-27 Agustus mendatang akan diselenggarakannya Open House. Pada tahun-tahun sebelumnya, Open House biasanya diselenggarakan pasca dilaksanakannya kegiatan PBPK (Pembinaan Budi Pekerti dan Kepemimpinan). Namun nampaknya tahun ini PBPK ditiadakan.

Menurut Wakil Rektor III, kegiatan Open House diselenggarakan agar mahasiswa bisa segera bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk membina prestasi supaya siap mengikuti kompetisi yang diselenggarakan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“(OH bertujuan) agar nantinya para mahasiswa bisa segera bergabung dengan UKM-UKM untuk membina prestasi agar nantinya siap mengikuti kompetisi yang diselenggarakan baik itu tingkat nasional maupun internasional,” tutur WR III UB.

(nnd, fbp, ebs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here