Home Berita Aksi Solidaritas #WadasMelawan di Malang Raya

Aksi Solidaritas #WadasMelawan di Malang Raya

291
0
SHARE

ManifesT, Malang, (Senin, 14/2/2022) – Aliansi Suara Rakyat (Asura) yang terdiri dari beberapa mahasiswa di sejumlah kampus di Kota Malang menyuarakan kepeduliannya melalui aksi solidaritas terhadap kasus yang menimpa Desa Wadas, Jawa Tengah, di depan gedung Balai Kota Malang. Aksi yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini berjalan dengan kondusif sesuai dengan arahan Koordinator Lapangan (Korlap) Asura.

Aksi ini digelar lantaran adanya konflik pembangunan Bendungan Bener dan pertambangan batuan andesit antara pihak kepolisian dan warga Desa Wadas. Tidak sampai di situ, banyaknya laporan yang datang mengenai ke-represifitasan aparat terhadap warga setempat juga menjadi sorotan pada aksi kali ini.

Meskipun konflik tersebut terjadi di Jawa Tengah, Rafly Rayhan Al Khajri, Ketua BEM RDM Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, berpendapat bahwa hal tersebut tidak memadamkan semangat para mahasiswa di Kota Malang. Ia berharap dengan adanya aksi ini mampu menumbuhkan kesadaran di dalam diri mahasiswa, khususnya di Malang Raya mengenai perasaan senasib sepenanggungan dengan saudara-saudara yang sedang memperjuangkan haknya di sana. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya kesadaran dalam diri setiap mahasiswa, apa yang terjadi di Wadas tidak terjadi di Kota Malang.

Walaupun diikuti oleh banyak mahasiswa dari berbagai kampus, protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan baik. Terlebih, Kepala Pengendali Kegiatan Operasional Polresta Kota Malang pun mengapresiasi ke-kondusif-an pada aksi kali ini.

“Hari ini adalah aksi solidaritas, perluasan informasi dan massa. Bukan mentah-mentah bertujuan agar kita, sebagai mahasiswa yang aktif, tidak hanya mementingkan kuantitas, tetapi juga kualitasnya. Kita juga telah mengkaji, meriset, serta menebarkan catatan kritis ke seluruh Indonesia, yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat umum,” ucap Bagas Bagus Sadewo selaku korlap pada aksi hari ini.

Penulis: Jibril Lanang Hidayah Al Wahid, Shofa Umrotul Hasanah, Ariela Ruth Chrissanda Hutauruk, Fira Mutiara Adistianingrum

Editor: Tazkiya Lidya Alamri

Pimpinan Redaksi: Trian Marfiansyah 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here