Home ADVETORIAL 5 Pusat Oleh-Oleh Khas Malang, Untuk Bekal Pulang Kampung

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Malang, Untuk Bekal Pulang Kampung

269
0
SHARE

Tahun ini, pemerintah telah menetapkan jadwal libur nasional dan cuti bersama dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau lebaran yang dimulai sejak tanggal 19 April dan berakhir pada 25 April 2023. Pada momen libur lebaran tersebut, tentunya akan dimanfaatkan berbagai lapisan masyarakat untuk mudik bersama keluarga tidak terkecuali kalangan mahasiswa. Mudik adalah kegiatan masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya. Di Indonesia, mudik menjadi sebuah tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan salah satunya menjelang Idul Fitri atau Lebaran.

Salah satu kebiasaan yang tidak boleh dilupakan pada saat mudik adalah membawa oleh-oleh atau buah tangan khas dari daerah tempat perantauan untuk dibawa kepada keluarga. Khusus daerah Malang, memiliki oleh-oleh khas yang lebih identik dengan keripik tempe dan keripik buahnya yang renyah dan enak. Tentunya terdapat tempat oleh-oleh di Malang yang lokasinya tersebar di seluruh penjuru daerah Malang.

Nah bagi teman-teman yang bingung untuk membawa buah tangan apa yang wajib dibawa pulang, kami ada rekomendasinya, nih!! Teman-teman bisa coba mengunjungi 5 Pusat Oleh-Oleh Khas Malang berikut ini yang menarik untuk dikunjungi!

  1. Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya
√ 7 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Malang (Lengkap & Murah)

Sumber gambar: lancarjayakeripik.com

Lokasi : Jl. Tumenggung Suryo No.86, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

Waktu Operasional : Senin-Minggu 07.00-21.30 WIB

Informasi : Instagram @lancarjayakeripik

Website lancarjayakeripik.com

Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya menjadi pembuka daftar rekomendasi pusat oleh-oleh kali ini. Toko oleh-oleh ini berlokasi di daerah Blimbing, Kota Malang atau lebih tepatnya di Jalan Tumenggung Suryo No.86. Lancar Jaya dikenal menjadi salah satu pusat oleh-oleh di Malang terlengkap dan sering dikunjungi wisatawan. 

Di sini menyajikan berbagai oleh-oleh khas Malang mulai dari camilan hingga aneka keripik. Mulai dari keripik buah, keripik tempe, keripik usus ayam, keripik ceker ayam, keripik paru, keripik belut, keripik tahu pong, keripik ketela ungu, carang mas, rengginang, kue manco hingga ragam minuman sari buah. Untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari Rp6.000 hingga Rp31.000 yang disesuaikan dengan varian oleh oleh yang akan dibeli.

2. Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok

Toko Pusat Oleh-oleh Khas Malang - Pia Cap Mangkok

Sumber gambar: piamangkok.com

Lokasi : Ruko Grand, Jl. Soekarno Hatta No.Kav. 16-17, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Waktu Operasional : Senin-Minggu 08.00-20.00 WIB

Informasi : Instagram @piacapmangkok 

Website piamangkok.com

Selanjutnya adalah Pia Cap Mangkok yang merupakan salah satu produk Pia khas Malang tertua sejak tahun 1959. Saat ini Pia Cap Mangkok berkembang menjadi Toko Pusat Oleh Oleh Khas Malang dengan beberapa cabang yang tersebar di kota Malang. Toko Pia Cap Mangkok tidak hanya menyediakan produk Pia saja, namun juga produk oleh oleh khas Malang lainnya. Salah satu lokasi Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok bertempat di daerah Lowokwaru Kota Malang atau lebih tepatnya berada di jalan Soekarno Hatta No. Kav. 16-17.

Produk Pia Cap Mangkok hadir dengan beberapa pilihan rasa, seperti kacang hijau, cokelat, keju, tangkwee, durian, kopi, green tea dan apel. Selain itu, tersedia berbagai pilihan kemasan, dari isi 5 dengan harga mulai Rp20.000, isi 12 dengan harga Rp48.000 hingga isi 25 dengan harga Rp96.000. Pusat Oleh Oleh Pia Cap Mangkok juga melayani pesan antar kota dan provinsi dan menyediakan berbagai paket produk oleh-oleh yang memberikan kemudahan bagi pelanggan.

3. Malang Strudel

Malang Strudel Sukarno Hatta Banjir Buah Murah Dan Segar! - Malang Strudel  Oleh-Oleh Kota Malang

Sumber gambar: malangstrudel.com

Lokasi : Jalan Soekarno Hatta Kav. 6 No. 2, Mojolangu, Lowokwaru, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Waktu Operasional : Senin-Minggu 09.00-20.00 WIB

Informasi : Instagram @strudelmalang

Website malangstrudel.com

Salah satu produk oleh-oleh khas Malang yang tidak boleh ketinggalan adalah Malang Strudel. Strudel adalah kue berlapis, yang terbuat dari pastry dan diisi berbagai buah-buahan. Kue ini adalah makanan populer di zaman Habsburg Empire (1278 – 1780) di Austria. Strudel khas Malang memiliki cita rasa tersendiri yang disesuaikan dengan taste lokal dengan varian rasa Apel dan rasa lainnya. Gerai pertama Malang Strudel berada di Jl Ardimulyo no 14 Singosari, Malang dan memiliki cabang lain yang tersebar di penjuru daerah Malang. Sedangkan salah satu cabangnya yang mudah dijangkau kalangan mahasiswa berada di daerah Lowokwaru atau lebih tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Kav. 6 No. 2.

Produk Malang Strudel memiliki beragam varian rasa yang terdiri dari rasa apel, nangka, coklat, mangga, keju, taro, strawberry, choco banana dan masih banyak lainnya. Selain itu, Malang Strudel juga mengeluarkan produk lain seperti Savory Toaster dan Dessert Box dengan beragam rasa yang cukup unik. Malang Strudel membanderol produknya dengan harga yang cukup terjangkau untuk menjadi oleh-oleh khas Malang dengan harga berkisar antara Rp50.000 – an.

4. Kampung Sanan

Jejak Tempe di Kampung Sanan Halaman all - Kompas.com

Sumber gambar: kompas.com

Lokasi : Jl. Sanan Gg. III No.129, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

Waktu Operasional : Senin-Minggu 06.00-17.00 WIB

Informasi : Instagram @kampungsanan

Pusat oleh-oleh Malang yang tidak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Kampung Sanan. Kampung Sanan adalah sentra industri tempe dan keripik tempe khas Malang yang legendaris, berdiri sejak tahun 1970-an dan masih eksis hingga saat ini. Kampung Sanan berlokasi di daerah Blimbing, Kota Malang atau lebih tepatnya berada di Jl. Sanan Gg. III Purwantoro. 

Sebagian besar masyarakat Kampung Sanan bekerja di bidang yang berkaitan dengan olahan tempe. Mulai dari produksi tempe, pemasaran tempe, hingga pengolahan tempe menjadi keripik tempe. Kampung Sanan kini telah menjelma menjadi kampung wisata, baik wisata industri, kuliner dan edukasi tentang tempe sanan. Produk keripik tempe yang dihasilkan dibanderol dengan harga Rp6.000/bungkus dengan varian rasa original, keju, BBQ, sapi panggang dan sebagainya. Selain produk olahan tempe, tersedia berbagai jenis oleh-oleh khas Malang lainnya, seperti keripik nangka, keripik apel, keripik salak dan ragam keripik buah lainnya.

5. Kampung Keramik Dinoyo

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Lokasi : Jl. MT Haryono 9 No.336, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144

Waktu Operasional : Senin-Minggu 08.00-15.00 WIB

Informasi : Instagram @keramikdinoyo

Setelah sebelumnya rekomendasi pusat oleh-oleh Khas Malang yang berorientasi pada kuliner, maka selanjutnya adalah terkait seni kerajinan tangan yakni oleh-oleh keramik Dinoyo khas Malang. Industri Keramik Dinoyo muncul dengan berdirinya pabrik keramik LEPPIN (Lembaga Penyelenggara Perusahaan-Perusahaan Industri Departemen Perindustrian) dan seiring berjalannya waktu, pabrik keramik ini mengalami permasalahan dan ditutup. Penutupan tersebut, membuat industri keramik dinoyo diteruskan oleh masyarakat sekitar dengan merintis industri keramik skala rumah tangga. Hingga kini sentra industri Keramik Dinoyo tetap eksis dan menjadi Kampung Wisata sekaligus pusat oleh-oleh Keramik Dinoyo Malang.

Berbagai karya kerajinan yang diciptakan Sentra Industri Keramik Dinoyo bervariasi mulai dari wadah aroma terapi, vas bunga, guci, peralatan makan hingga souvenir pernikahan. Karya kerajinan tangan tersebut hadir dengan beragam warna yang memanjakan mata dan menerima pesanan by request sesuai minat pelanggan. Untuk harga karya tersebut dipatok berdasarkan ukuran dan tingkat kesulitan pengerjaan yang umumnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp250.000 saja.

Nah itulah 5 rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Khas Malang yang dapat teman-teman kunjungi, sebagai buah tangan bagi sanak saudara atau keluarga ketika pulang kampung pada masa libur lebaran mendatang! Jangan lupa untuk mampir ya!

Penulis : Gabriella Donova Pertiwi dan Widia Rahmatul Fitri 

Editor : Muhammad Fauzil Adhim

Pimpinan Perusahaan : Tia Rizki Febrianti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here