Home Buku Resensi Buku Novel “Rotasi dan Revolusi”

Resensi Buku Novel “Rotasi dan Revolusi”

1343
0
SHARE

Oleh: Jovanio Marito Marbun

Identitas Buku

Judul buku : Rotasi & Revolusi

Nama pengarang : Crowdstroia

Tahun terbit : 2019

Penerbit : Elex Media Komputindo

Ketebalan buku : 433 halaman

ISBN : 978-602-04-9581-1

Harga buku : Rp88.000

Sinopsis Buku

Novel ini menceritakan tentang Trivia dan Arraf. Bagian pertama menceritakan bahwa Trivia akan melakukan skripsi mengenai biomaterial. Trivia merasa kaget bahwa orang yang bisa membantu kelancaran skripsinya adalah Arraf menurut Pak Hugo. Trivia dan Arraf berada di fakultas yang sama namun beda angkatan. Arraf merupakan seniornya Trivia di kampus. Setelah Trivia meminta bantuan Arraf, perjalanan hubungan mereka mulai dari chat.

Biografi Pengarang

Crowdstroia adalah salah satu penulis terkenal di dunia orange aka wattpad. Penulis terkenal dengan nama samaran “crowdstroia” ini sudah merilis 20 judul di platform kesayangannya dan akan terus bertambah, ia juga telah menerbitkan 4 judul tulisannya ke dalam bentuk fisik.

Kelebihan Buku

Buku novel dengan genre teen fiction dan romantis ini memiliki tokoh yang menarik. Penggambaran kedua bintang utamanya menciptakan perasaan seperti saya menjadi seorang teman yang mendengar cerita kisah cinta mereka secara langsung. Dari kedua tokoh utama, tokoh Riv yang paling menarik perhatian saya, karakternya yang analitis, rasional, pintar, namun santai membuat saya kagum dan tak dapat tertebak. Banyak kalimat langsung yang dikatakan oleh Riv menjadi kalimat favorit saya. Selain itu, konflik yang diangkat juga pas, tidak terlalu ribet atau berlebihan seperti kisah cinta novel lainnya dan juga tidak terlalu sedikit sehingga tidak membuat jalan ceritanya flat.

Kelemahan Buku

Terlepas dari segala kesempurnaan cerita dan tokoh, ada beberapa kalimat yang menurut saya sulit untuk dimengerti dan cringe. Ketika Arraf mencoba untuk mendekati Riv ada beberapa kalimat yang menurut saya tidak perlu ada, namun sayangnya ada di dalam novel ini. Alurnya juga terlalu cepat di saat bagian konflik, memang benar pemilihan topik konflik sudah pas, namun menurut saya si penulis kurang mendalami setiap detail konfliknya sehingga ada hal yang membuat saya mengerutkan dahi.

Simpulan

Menyenangkan dan tidak seperti novel remaja pada umumnya. Meskipun ada bagian yang cringe, namun hal tersebut tidak berdampak besar bagi saya bila melihat banyaknya novel remaja Indonesia yang bahkan untuk melihat sinopsis saja saya sudah mengembalikannya ke rak buku. Bagi anak remaja yang mendambakan kakak tingkat yang populer, pandai bergaul dan pintar, mungkin novel ini dapat meningkatkan ekspektasi mereka atau bahkan mencoba menjadi Riv di dunia nyata. Konfliknya cukup realistis, namun jika mencari orang seperti Riv dan Arraf di dunia nyata mungkin pembaca harus menyerah karena ini hanyalah cerita fiksi. Well done! Menurut saya ini adalah kisah yang cerdas dan romantis menjadi padu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here