Home Berita Kompetisi Constitutional Law Festival Selesai Dilaksanakan, Ketahui Para Pemenangnya

Kompetisi Constitutional Law Festival Selesai Dilaksanakan, Ketahui Para Pemenangnya

131
0
SHARE

(Malang, ManifesT) – Rangkaian CLFEST 2023 yang dipenuhi kemeriahan tiba pada hari terakhir. Pada Minggu (10/09/2023) diadakan Seminar Hukum Nasional yang bertema “Meninjau Parliamentary dan Presidential Threshold Pada Pemilihan Umum 2024 Sebagai Aktualisasi Negara Demokrasi” dari pukul 07.00 WIB hingga selesai yang bertempat di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. Sebelum seminar ini dimulai, terdapat pengumuman juara delegasi yang pada hari sebelumnya melaksanakan kompetisi perancangan undang-undang dan kompetisi artikel ilmiah. 

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketupel Bayu Nando Prayoga, Dirut FKPH Wahyu Pratama, Wakil Dekan III Dr. Muktiono, S.H., M.Phil., Wakil Rektor III Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H., dan Keynote Speech dari Ketua MK Prof. Dr. Anwar Usman S.H, M.H. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara dan pemaparan pemateri seminar.

Pemateri yang turut serta menjadi pembicara acara ini yakni dari Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini, Guru Besar HTN FH UB Prof. Ali Safaat, dan Wakil Ketua MK 2010-2013 Prof. Achmad Sodiki. Beberapa tamu undangan seperti M. Dahlan S.H. M.H sebagai dosen FH UB dan Wakil dari Kejaksaan Negeri Malang turut serta memeriahkan pelaksanaan CLFEST 2023.

Pada sesi penyampaikan Keynote Speech, Prof. Dr. Anwar Usman S.H, M.H. menjelaskan tujuan penyederhanaan partai dan penguatan sistem presidensial. Beliau juga menjelaskan bahwa tidak semua perbedaan politik harus diputuskan melalui MK, karena menurutnya sebaiknya dilakukan secara musyawarah di parlemen dan menjadi agenda partai politik untuk masyarakat serta demi menciptakan iklim demokrasi yang sehat. 

Setelah penyampaian Keynote Speech dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber dengan moderator M. Dahlan, S.H., M.H. Pada sesi ini para narasumber banyak mengulas isu-isu hukum teraktual yang berkaitan dengan pemilihan umum, khususnya untuk pemilu 2024 mendatang.

Selain rangkaian pemaparan dan diskusi bersama para narasumber, acara ini juga merupakan rangkaian penutup CLFest. Pada acara ini pula diumumkannya para juara perlombaan perancangan undang-undang dan artikel ilmiah.

Berikut perguruan tinggi yang meraih kejuaraan CLFest pada Kompetisi Artikel Ilmiah:

  1. Juara I Universitas Diponegoro 
  2. Juara II Universitas Sebelas Maret
  3. Juara III Universitas Indonesia

Berkas terbaik: Universitas Airlangga

Berikut perguruan tinggi yang meraih kejuaraan CLFest pada Kompetisi Perancangan Undang-Undang:

  1. Juara I Universitas Diponegoro
  2. Juara II Universitas Haluoleo
  3. Berkas terbaik: Universitas Diponegoro

Pada keseluruhannya, juara umum dan peraih piala bergilir Prof. Achmad Sodiki dan  Prof. Abdul Mukhtie Fadjar kompetisi CLFEST 2023 adalah delegasi Universitas Diponegoro.

Dina, salah satu peserta kompetisi CLFest dari Universitas Sebelas Maret menilai perlombaan ini memberikan kesan yang menarik karena mendapat pengalaman dan teman baru.

“Seru banget sih, soalnya dari awal perjalanannya banyak tantangannya juga, terus juga ga nyangka masuk final terus ke UB jadi ke Malang, jadi pengalaman baru ketemu teman baru, ketemu teman teman lomba yang sebelumnya di lomba lain ternyata disini juga ada (ketemu lagi) jadi nambah koneksi juga. Penyambutannya juga luar biasa banget, tarian-tariannya, terus juga panitia-panitianya pada ramah ramah banget,” ungkap Dina.

(fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here