Home Uncategorized Tetap Berkreasi di Tengah Pandemi

Tetap Berkreasi di Tengah Pandemi

261
0
SHARE

ManifesT, Pasuruan, (Minggu, 06/06/2021)- Dedy Surya Mubarok, pemuda berumur 23 tahun asal Desa Ngemplak Rejo, Kota Pasuruan ini sukses di usia muda dengan mengubah hobi menjadi pekerjaan dengan omset yang cukup besar. Berawal dari hobi membuat miniatur sejak kecil, Dedy mulai serius untuk menekuninya setelah lulus SMA, tepatnya pada bulan November 2016. Pada saat itu juga, dengan bermodalkan uang Rp1.000.000,00 ia nekat mengikuti pameran yang diadakan oleh radio panorama. Dari pameran itu, Dedy mulai mendapat proyek besar senilai Rp10.000.000,00, yaitu proyek pembuatan miniatur salah satu sekolah, yaitu SMA Exellent Al-Yasini, Sidogiri, Kabupaten Pasuruan.

Dedy mengaku bahwa usaha yang telah ia jalani hampir lima tahun ini berhasil meraup keuntungan rata-rata 2 hingga 3 juta perbulannya, tergantung jumlah pesanan yang ia terima. Selama pandemi ini, Dedy menerangkan bahwa pesanan sempat meningkat pada awal pandemi dan sempat mengalami penurunan saat pertengahan. Akan tetapi, untuk saat ini sudah mulai kembali normal.

Meskipun berawal dari hobi, dalam menjalani usaha ini Dedy tidak terlepas dari berbagai kesulitan yang harus ia hadapi. Salah satu kesulitan yang ia rasakan ketika mendesain miniatur. Hal ini karena ia biasanya hanya diberikan gambar bangunan yang sudah jadi sehingga ia harus membedah sendiri desain itu. Meskipun dirasa sulit, Dedy tetap menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Selain itu, Dedy juga mengaku sempat merasa bosan. ” Kalau capek dan bosan mesti mas, tapi gak sampai mutus, karna kerja dari hobi itu banyak senang nya beda kalau kerja yang tidak dari hobi,” terangnya. Untuk mengatasi rasa capek dan bosannya itu, ia biasanya istirahat selama 1-2 hari untuk melakukan kegiatan lain, seperti nongkrong bersama teman-temannya, menjalankan usaha printing mini, dan juga belajar desain.

Meskipun usaha ini sudah dijalaninya cukup lama, sampai saat ini Dedy masih membuat miniatur secara manual dan tanpa bantuan orang lain. Terkait hal tersebut, untuk mengembangkan usahanya, Dedy berencana untuk membeli mesin agar produksinya lebih cepat dan lebih bagus serta merekrut teman sebagai partner kerja.(snt/str)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here